Wisata Candi Mendut Di Magelang Napak Tilas Budaya Masa Lampau

Wisata Candi Mendut Di Magelang Napak Tilas Budaya Masa Lampau – Magelang, merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Tengah yang terkenal akan salah satu peninggalan sejarah masa lampaunya, yang gaungnya sudah terdengar hingga keseluruh penjuru dunia. Candi Borobudur memang menjadi salah satu landmark tersendiri dari Magelang ini. Namun ada pula beberapa destinasi wisata lainnya yang merupakan salah satu sisi sejarah yang ada dikawasan Magelang ini. Salah satunya adalah Candi Mendut. Candi yang dibangun pada masa Dinasti Syailendra ini, merupakan destinasi wisata memukau dengan sisi historis yang tinggi.

Selain itu, dikawasan ini, anda pun akan bisa melihat sisi ibadah umat Budha yang kerap diadakan dikawasan Candi Mendut ini. Relief hingga bentuk bangunan yang memukau, merupakan salah satu saksi sejarah peninggalan umat budha yang hingga sampai saat ini masih tetap kokoh berdiri. Anda yang sedang berencana berwisata ke Magelang, maka anda bisa mencoba untuk melakukan wisata ke Candi Mendut yang akan diulas lebih lanjut seperti ulasan menarik dibawah ini.

Wisata Candi Mendut Di Magelang Napak Tilas Budaya Masa Lampau

  1. Sejarah Candi Mendut

wisata-candi-mendut-di-magelang-napak-tilas-budaya-masa-lampau

Kawasan wisata sejarah ini, tentu saja memiliki sisi hostoris yang tinggi. dibangun pada masa Dinasti Syailendra, kawasan yang dibangun oleh Raja Indra ini, merupakan salah satu bukti sejarah yang pernah ditemukan, dan didalamnya terdapat prasasti yang ditemukan di Karangtengah. Candi yang merupakan cand budha yang ada dikawasan Jawa Tengah ini, merupakan salah satu destinasi memukau untuk anda kunjungi.

  1. Bentuk Candi Mendut

wisata-candi-mendut-di-magelang-napak-tilas-budaya-masa-lampau-2

Candi Mendut ini sendiri, berbentuk seperti candi pada umumnya, yang mana memiliki bentuk segiempat, dengan aneka hiasan kecil yang ada disekitarnya. Hiasan yang berbentuk stupa ini, merupakan salah satu sisi menarik yang ada dikawasan Candi Mendut ini. Candi Mendut memiliki sisi yang berlawanan dengan Candi Borobudur. Dimana untuk sisinya sendiri menghadap kearah matahari terbenam, kebalikan dari Candi Borobudur.

  1. Kaya Pesan Moral

wisata-candi-mendut-di-magelang-napak-tilas-budaya-masa-lampau-3

Candi yang memiliki bangunan yang anggun ini, merupakan salah satu yang berdiri kokoh dengan ketinggian sekitar 3,7 meter. Kawasan yang memiliki sejumlah relief ini, menceritakan kisah fabel dan juga pewayangan yang sarat akan pesan moral. Memang sekilas ceritanya seputar fabel dan pewayangan, namun dengan pesan moralnya yang tinggi, tentu saja menjadikan wisata candi Mendut ini, sangat cocok dikunjungi untuk seluruh anggota keluarga.

  1. Ritual Canthing

wisata-candi-mendut-di-magelang-napak-tilas-budaya-masa-lampau-4

Diarea candi Mendut ini, kerap diadakan sebuah riual bernama ritual Canthing yang merupakan ritual semacam meditasi, dengan mendengarkan alunan musik tertentu. Ritual ini memang diperuntukan untuk yang beragama Budha, namun para wisatawan juga diperkenankan untuk mengikuti ritual yang kerap diadakan pada pukul 7 hingga 8 malam.

Demikian beberapa ulasan menarik seputar kawasan wisata Candi Mendut Magelang yang bisa menjadi salah satu rekomendasi tempat liburan seru dan menarik untuk anda kunjungi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *