Pesona Danau Tiga Warna Gunung Kelimutu yang Mendunia

Pesona Danau Tiga Warna Gunung Kelimutu Yang Mendunia

pesona-danau-tiga-warna-gunung-kelimutu-yang-mendunia

Wisata Danau Tga Warna Gunung Kelimutu – Kalian pasti sudah familiar alias merasa tidak asing lagi dnegan nama Danau Tiga Warna ini. Saya bisa pastikan itu karena danau ini mendunia dan pernah diabadikan dalam mata uang rupiah kita. Ayo diingat-ingat lagi. Nama Kelimutu itu sendiri berasal dari kata “Keli” yang berarti gunung dan “mutu” yang berarti mendidih. Dua kata ini digabungkan menjadi Kelimutu. Gunung yang memiliki ketinggian 1.639 mdpl ini berlokasikan di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Flores, NTT.

Hal berbeda yang dimiliki Gunung ini adalah Danau Tiga Warnanya yang asal mula terbentuknya karena letusan Gunung Kelimutu yang terjadi beberapa tahun silam. Danau Kelimutu ini luasnya kurang lebih .05.000 meter persegi dan volume arinya .292 juta meter kubik. Danau Kawah Gunung Kelimutu ini memiliki keindahan yang luar biasa dan tentu mampu memikat pengunjung baik domestik, maupun mancanegara. Pengunjung rela menaiki puluhan anak tangga dengan berjalan kaki dan melewati jalan yang cukup menanjak, hanya untuk melihat Danau Tiga Warna ini dnegan mata kepala sendiri. Danau Kelimutu ini juga terkenal dengan spot yang sempurna untuk menyaksikan matahari terbit. Tentunya pengunjung harus berjalan di pagi buta untuk mendapatkan pemandangan indah sunrise di pagi hari.

Setelah tahu betapa mempesonanya Danau ini. Tentu kalian ingin mengetahui bagaimana atau jalan mana yang harus ditempuh untuk sampai ke objek wisata yang satu ini. Pengunjung yang berasal dari luar kota bisa menempuh transportasi udara menuju bandara di Kabupaten Ende. Setelah kalian sampai di Kabupaten Ende tersebut, kamu harus melakukan perjalanan menuju Desa Moni. Desa Moni adalah sebuah desa yang berada di kaki Gunung Kelimutu. Jarak perjalanan yang harus kamu tempuh adalah sekitar 65 Kilometer dari bandara. Kabupaten Ende ini masih sangat minim akan transportasi umum. Maka pengunung disarankan untuk menyewa kendaraan bermotor atau gunakan jasa travel untuk menuju ke Desa Moni atau Gunung Kelimutu. Setelah menempuh perjalanan sekitar 50 km menuju Desa Moni, kamu akan melanjutkan perjalanan dari Desa Moni tersebut ke gerbang pintu asuk Taman Nasional Kelimutu dnegan jarak 15 km dari Desa Moni.

Sesampainya disana, kamu akan membeli tiket untuk dapat masuk ke kawasan Taman Nasional Kelimutu. Pengunjung domestik akan dikenakan tariff sebesar 5.000 rupiah sedangkan untuk pengunjung mancanegara dikenakan tariff sebesar 150.000 rupiah. Kamu juga akan dikenakan biaya parker kendaraan. Untuk hal yang satu ini tentu kita sudah biasa. Harga yang dikenakan untuk parker motor adalah 5.000 rupiah sedangkan kamu akan dikenakan biaya 10.000 jika memarkirkan mobil.

Fasilitas yang tersedia di kawasan ini cukup lengkap. Mulai dari toilet, beberapa gazebo, kios-kios yang menyajikan makanan dan minuman di sekitar are aparkir dan lahan parker F

Tunggu apa lagi, set tujuan liburanmu ke Danau Tiga Warna yang mendunia ini! Salam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *