Objek Wisata Alam Gunung di Pegunungan Sekitar Kota Bandung

Objek Wisata Alam Gunung di Pegunungan Sekitar Kota Bandung

Arus kedatangan wisatawan hampir dua dekade ini ke Bandung semakin meningkat signifikan. Selain karena warisan alam pegunungan di Bandung yang mempesona, Bandung juga mendapat perhatian yang luar biasa karena kecantikan alamnya disertai dengan potensi wisata lain yang mendukungnya. Di antara dukungan potensi wisata lain itu antara lain adanya pusat-pusat seni dan Budaya, wisata kuliner, wisata belanja, agrowisata, wisata hiburan, dan yang terpenting adalah dukungan pemerintah dan swasta yang saling bersinergi untuk memajukan pariwisata di Bandung.

Wisata pegunungan di Bandung merupakan suatu perjalanan liburan seru yang membuat kita dekat dan mencintai alam. Wisata ke gunung tidak harus menempuh jalan kaki berjarak jauh melakukan pendakian hingga ke puncak. Menikmati alam gunung bisa dengan mengunjungi nobjek sekelilingnya yang terdiri dari alam hutan, sungai, lereng bukit dan lembahnya.

Di bandung, kita bisa menikmati suasana tempat alam pegunungan itu di berbagai tempat. Bahkan di antaranya juga terdapat kawah yang bisa dicapai, serta sumber air panas alaminya.

  1. Gunung Tangkuban Perahu

Objek Wisata Alam Gunung di Pegunungan Sekitar Kota Bandung 1

Banyak objek wisata di Gunung Tangkuban Perahu yang menjadi sasaran wisatawan di kala libur pekan tiba. Jalan menuju Tangkuban perahu, dikiri kanan jalan anda akan melihat hamparan hijaunya kebun teh dan juga barisan pohon-pohon pinus.  Diantara objek alam pegunungan yang bisa dinikmati di tempat ini adalah;

  • Alam hutan pinus di lereng yang sejuk
  • Kawah Tangkuban Perahu
  • Pemandian Air Panas Ciater
  • Bumi Perkemahan Cikole
  • Perkebunan teh

Tangkuban perahu merupakan gunung merapi yang masih aktif hingga saat ini. Dari letusan yang pernah terjadi  meninggalkan kawah sisa letusan yang indah. Saat ini pada kawah-kawah tersebut sudah menjadi tempat wisata yang luar biasa cantik pesonanya. Tak jauh dari pintu gerbang tangkuban perahu ini, berseberangan letaknya kita akan menemui gerbang masuk bumi perkemahan Cikole. Berkemah beserta keluarga dan teman-teman sangat seru dilakukan disini. Jika diteruskan perjalanan ke utara, maka akan ditemui alam hutan pinus yang sejuk, seru untuk dijelajahi dengan hiking. Lebih ke utara lagi kita akan mendapati pemandian air panas alam Ciater serta kebun teh yang terhampar hijau sejauh mata memandang.

Udara yang sejuk, pemandangan yang indah, unik dan eksotik, semuanya akan membuat perjalanan wisata menjadi memuaskan.

 

  1. Gunung Puntang

 

Wisata ke Gunung Puntang menjadi salah satu wisata gunung bersejarah di Bandung. Selain berwisata karena alam gunungnya, terdapat jejak sejarah petilasan loji Belanda, Goa Belanda yang dulunya basis stasiun pemancar radio colonial, yang menyebarkan berita ke seantero dunia.

Lokasi Gunung Puntang di Bandung Selatan ini sekarang menjadi tempat perkemahan yang banyak digunakan oleh pelajar dan mahasiswa.

 

Selain alam perkemahan, kita bisa lihat tebing gunung puntang yang indah diselimuti kabut. Di taman wisata alam Gunung Puntang, kita akan menyaksikan suasana alam gunung dengan cuaca dingin dan sering disapu kabut. Taman-taman yang asri di tempat ini menghantarkan kita melalui jalan berpaving blok menuju sungai yang airnya jernih, bersih dan cukup deras. Bahkan jika pengunjung masih ingin melanjutkan terus ke hulu akan didapat pemandangan air terjun.

 

Untuk mencapai gunung Puntang, yang  paling mudah dari Bandung menuju arah Banjaran kira-kira 10 km.

Dari Banjaranperjalanan dilanjutkan ke arah Pangalengan, sekitar 5 km, ada plang yang menunjukkan arah wisata Gunung Puntang. Sekitar 7,5 km dari plang pertigaan kita akan memasuki kawasan Gunung Puntang.

Sepanjang jalan menuju gunung Puntang, dapat terlihat keindahan kota Bandung, terutama saat malam, kerlap-kerlipnya sungguh memikat.

Lokasi bumi perkemahan sekitar 1 km melalui jalur khusus. Dari bumi perkemahan inilah akan tampak tebing gunung Puntang yang curam dan gagah mempesona.

 

  1. Gunung Patuha

Objek Wisata Alam Gunung di Pegunungan Sekitar Kota Bandung 3

Banyak beberapa objek di Gunung Patuha ini untuk dinikmati menghabiskan masa liburan kita. Di Gunung Patuha ini, kita dapat menikmati sumber air panas Walini di tengah perkebunan teh Rancabali.

Pemandian air panas Walini Ciwidey adalah pemandian alami kolam air panas dari Gunung Patuha yang letaknya dikelilingi perkebunan teh PT.PN VII Rancabali.

Perjalanan menuju pemandian Air Panas Walini Ciwidey dapat ditempuh  dengan memasuki tol Cipularang keluar Tol Kopo belok kanan ke arah kota kabupaten Bandung Soreang, ke arah kecamatan Ciwidey.

  1. Gunung Manglayang

Objek Wisata Alam Gunung di Pegunungan Sekitar Kota Bandung 4

  • Tempat wisata Batu Kuda di Gunung Manglayang

Kawasan wisata ini ada di lereng gunung Manglayang di daerah Bandung Timur.

Untuk mencapai tempat ini bisa menempuh beberapa jalur, yang termudah melalui jalur Cibiru. Dari Bandung kota kita ambil arah Cibiru, bundaran timur kota Bandung menuju arah Cileunyi.

Kurang lebih 3 km dari bundaran Cibiru ada jalan belokan ke kiri menuju atas, baik menggunakan mobil atau motor.

Perjalanan mencapai Batu Kuda sekitar 7 kiloan, meski jalannya agak sempit, tapi dengan suguhan pemandangan dan hawa dingin membuat kita bersemangat menuju tempat ini.

 

Keistimewaan tempat ini adalah jajaran pohon pinus nan tinggi menjulang dan angin sepoi yang sesekali berselimut kabut.

 

Sekitar 700 meter dari pintu masuk kita menuju atas untuk melihat situs batu kuda. Jalan kaki menyenangkan sambil tracking alam gunung. Batu yang mirip kuda yang ada di sinilah yang terkenal dengan situs Batu Kuda.

Untuk menempuh jalur pendakian Gunung Manglayang, tinggal meneruskan saja ke atas sekitar empat jam perjalanan mencapai atas.

Artikel Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *