Destinasi Tempat Wisata Alam di Semarang

Semarang adalah kota di propinsi Jawa Tengah, kota ini merupakan kota yang sering di datangi wisatawan atau para pelajar yang ingin menuntut ilmu di sini. Bicara soal wisata, Semarang merupakan kota yang banyak sekali memiliki wisata sejarah. Hal inilah yang menarik banyak orang sehingga tidak jarang dari mereka sengaja jauh-jauh ke Kota Semarang ini.

Kota Semarang sangat identik dengan wisata sejarah dan budayanya, dibandingkan dengan wisata alamnya banyak bangunan bersejarah yang ada di kota Semarang, seperti Gedung Lawang Sewu, Pecinan, Kota Lama, dan Masjid Agung Jawa Tengah. Namun, ada beberapa wisata alam yang berada di kota Semarang yang bisa digunakan sebagai tujuan wisata. Berikut daftar wisata alam yang ada di kota Semarang.

Destinasi Wisata Alam Semarang

  1. Hutan Wisata Tinjomoyo

Lokasi wisata ini kurang lebih 6 KM dari Simpang Lima Semarang, lebih tepatnya di depan kampus UNIKA Soegijapranata Jatingaleh. Hutan wisata tinjomoyo ini kerap digunakan sebagai ajang outbond, camping, bird watching, dan combat game. Di hutan ini terdapat spot menarik yang biasa di gunakan foto selfie, prewedding, maupun sebagai lokasi hunting para fotografer. Spot menariknya yaitu Jembatan Tinjomoyo, jembatan ini sangat unik dan menarik pemandangan yang terlihat ketika berada di jembatan ini juga terlihat begitu indah, ini alasan kenapa banyak orang yang ingin mengabadikan moment ini di sini

 

  1. Goa Rong View

Goa Rong ini menawarkan  panorama yang begitu indah, di sini anda akan bisa melihat Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Telomoyo, Gunung Ungaran yang akan membuat anda terkagum-kagum akan kebesaran ciptaan Tuhan. Lokawisata ini bisa di bilang masih baru, dan belum begitu banyak orang mengetahui tempat ini. Padahal lokasinya berjarak kurang lebih 4KM dari jalan raya Semarang-Solo, lebih tepatnya desa Delik, kecamatan Tlogo tunang, Semarang

  1. Curug Lawe Benowo

Curug ini berada di kawasan Ungaran, air di curug ini sangat bersih dan kondisinya masih sangat alami. Untuk mencapai curug ini, memerlukan waaktu sekitar 1 jam perjalanan dengan jalan kaki dari loket ppengunjung. Selama trekking kita akan melewati saluran air dan hutan. Ketika menyusuri saluran air, kita akan menjumpai hewan dragonfly. Tak jarang pula kita akan menemukan kera yang berada di kawasan hutan ini.

  1. Goa Kreo Waduk Jatibarang

Goa ini dipercaya sebagai tempat petilasan Sunan Kalijaga saat beliau membangun Masjid Agung Demak. Di tempat ini terdapat banyak kera liar, dan pengunjung juga dapat memberi makan pada kera-kera tersebut. Pengunjung juga dapat berfoto di jembatan yang menjadi ikon baru Goa Kreo ini. Selain itu terdapat waduk Jatibarang. Waduk ini berfungsi sebagai pengendali banjir di kota Semarang, menjaga ketersediaan air minum, dan sebagai pembangkit listrik. Lokasi goa ini berada di Dukuh Talun Kacang, Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang.

  1. Candi Gedong Songo

Candi gedong songo adalah candi peninggalan dari budaya hindu, candi ini ditemukan oleh Raffles sekitar tahun 1804. Terletak di  lereng gunung Ungaran, candi ini memiliki 5 kompleks candi, untuk mengelilingi kelima kompleks candi ini, pengunjung bisa berjalan kaki atau dapat menggunakan jasa penyewaan kuda. Di area candi ini terdapat pemandian air panas. Candi Gedong Songo bisa ditempuh dengan waktu 1 sampai 1,5 jam dari kota Semarang.

Itu dia tadi beberapa tempat wisata alam yang ada di kota Semarang, semoga anda tertarik untuk mengunjunginya.

Artikel Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *