Berwisata di Berbagai Ruang Publik Baru Di Taman Kota Bandung

Berwisata di Berbagai Ruang Publik Baru Di Taman Kota Bandung

Untuk warga Bandung kini boleh bernafas lega dengan wajah baru kota Bandung yang lebih hijau, rapi dan menyegarkan. Di beberapa titik di kota Bandung, pemerintah kota telah memberikan fasilitas-fasilitas umum dan ruang terbuka yang dapat dinikmati siapapun yang melintasinya.

Berikut ini beberapa ruang publik baru yang dibangun pemerintah Kota Bandung yang dapat dijadikan tempat wisata gratis untuk siapa saja yang ingin menghilangkan penatnya setelah beraktivitas di taman Kota.

  1. Taman Teras Cikapundung Babakan Siliwangi

Berwisata di Berbagai Ruang Publik Baru Di Taman Kota Bandung 1

Disingkat juga dengan TECI, terletak di kawasan Babakan Siliwangi di tepi sungai Cikapundung yang bersebelahan dengan Sasana budaya ganesha.

Perpaduan konsep urban dengan hijau rumput dan tanaman, restorasi sungai serta warna cerah jembatan penghubung membuat tempat ini begitu apik dibandingkan taman kota lain di negri ini. Sungai  Cikapundung terbentang sepanjang kota Bandung, dari utara yaitu Lembang hingga Bandung selatan yang berakhir di sungai Citarum.

Teras Cikapundung diresmikan semenjak 31 Desember 2015 yang lalu. Kawasan Teras Cikapundung menyediakan fasilitas umum pendopo di tamannya lengkap dengan meja kursi sebagai tempat duduk-duduk dan bersantai bersama.

 

Amphitheatre yang dibangun di sini fungsinya sebagai tempat pertunjukan terbuka sehingga masyarakat yang berkunjung dapat menyaksikan acara hiburan seru disini. Taman Teci ini juga memiliki kolam pelestarian ikan asli sungai Cikapundung, dipelihara di sini untuk menambah keindahan taman sekaligus sebagai sarana juga untuk mensosialisasikan pentingnya peduli lingkungan untuk menyelamatkan habitat ikan di sungai yang telah sekarat ini.

Di Sungai Cikapundung pengunjung juga bisa menikmati naik perahu karet yang disewa mengitari sungai sepanjang Teras cikapundung ini.

 

  1. Taman Vanda dan Taman Sungai Cikapayang di Jalan Merdeka

Berwisata di Berbagai Ruang Publik Baru Di Taman Kota Bandung 2

Taman ini terletak di Jalan Merdeka bawah, tepatnya di antara Gedung Bank Indonesia dan Polrestabes Bandung. Taman yang dilengkapi air mancur ini berdekatan dengan Taman Balai Kota dan Taman Tepian Anak Sungai Cikapayang.

Setelah revitalisasi, nama Taman Vanda pun menjadi tenar karena asyiknya tempat ini untuk dinikmati pada suasana malam dengan adanya air mancur warna-warni.

 

Setiap sore dan malam hari banyak kawula muda Bandung berkumpul, suasana terlihat lebih hidup dengan lampu-lampu yang benderang dan warna-warni air mancur yang menghibur.

Sekarang di tengah kota Bandung ada sungai jernih bersih! Sungai Cikapayang yang menjadi sungai jernih sejernih air dari mata air pegunungan. Kejernihan air sungai Cikapayang ini diperoleh dari hasil proses penyaringan oleh filter. Untuk menikmati air sungai yang jernih disini tetap harus menunggu saat filternya sedang menyala, agar air sungai ini tidak keruh dan bau.

Selain duduk bersantai di taman, pengunjung bisa menikmati pinggir sungai yang keren di kota berudara sejuk ini. Keindahan taman publik ini didukung revitalisasi trotoar sepanjang 400 m mulai dari perempatan jl Aceh-merdeka hingga gedung BI. Taman yang asri ini juga dilengkapi batu eksotis yang menarik menambah keindahan taman.

 

  1. Taman Gesit

Berwisata di Berbagai Ruang Publik Baru Di Taman Kota Bandung 3

Kota Bandung sudah memiliki bermacam-macam taman tematik yang mendapat sambutan baik oleh masyarakat, salah satunya taman yang seluas 320 meter persegi ini. Taman yang terletak di Jl Dipati Ukur dengan nama dan tema Gesit ini diperuntukkan untuk generasi muda agar bisa lebih aktif, lebih sehat, dan produktif dengan ide baru. Active Area yang dirancang di sini terdiri dari tiang-tiang setinggi 2 meter dan dikonstruksikan menyambung dengan tree deck berupa tiang sebagai tempat melakukan aktivitas gym.

Selain difungsikan untuk tempat aktivitas fisik yang lebih aktif, taman ini juga sebagai tempat bersosialisasi atau kumpul komunitas muda yang gesit dan bersemangat.

 

  1. Taman Alun-alun

Berwisata di Berbagai Ruang Publik Baru Di Taman Kota Bandung 4

Apresiasi besar kepada Bapak Walikota Bandung oleh warga Bandung salah satunya adalah merubah wajah alun-alun kota Bandung yang semrawut menjadi alun-alun bersih, nyaman, modern yang terbuka untuk siapa saja.

Kini wajah Alun-alun kota Bandung sudah merubah stigma negatif yang melekat begitu lama. Jika sebelumnya alun-alun ini tampak sempit karena tatanannya yang kurang efektif, kini wajahnya seperti lapangan bola dengan bahan rumput sintetis berwarna hijau seluas 1.200 m2. Siapa saja bebas memasuki tempat ini untuk refreshing, bermain bersama keluarga hingga lesehan menikmati kota Bandung yang indah.

  1. Taman Fotografi

Berwisata di Berbagai Ruang Publik Baru Di Taman Kota Bandung 5

Taman yang terletak di Jl Anggrek ini merupakan wadah bagi komunitas foto untuk berkumpul. Berbagai fasilitas yang disediakan menunjang kegiatan fotografi seperti cermin-cermin, spot untuk foto dan sebagainya. Taman ini dilengkapi dengan Wifi gratis dan arena bermain anak di bagian timur.

  1. Taman Pasupati: taman Jomblo & taman skateboard

Berwisata di Berbagai Ruang Publik Baru Di Taman Kota Bandung 6

Taman Jomblo dan taman skateboard adalah bagian dari Taman Pasupati. Terletak di sebelah Balubur Town Square (Baltos), di samping jalan masuk jembatan layang Pasupati dari Taman Sari ke Pasteur. Taman ini aman dari guyuran hujan. Jika membawa kendaraan sebaiknya parkir kendaraannya di  Baltos.  Bersepeda atau angkot malah lebih mudah dan menyenangkan. Pada taman Jomblo terdapat beberapa kubus balok semen yang disusun dengan berbeda ketinggian. Buat duduk memang hanya pas untuk satu orang sehingga jadi fenomenal disebut Taman Jomblo

karena taman tersebut terdapat single seat atau bangku yang didesain untuk duduk sendiri. Taman-taman ini banyak didatangi kawula muda Bandung untuk nongkrong, main skateboard di area yang disediakan atau sekedar berfoto-foto.

 

  1. Taman Film

Berwisata di Berbagai Ruang Publik Baru Di Taman Kota Bandung 7

Taman ini lokasinya di bawah jalan layang Pasupati. Sebagai yang perdana di Indonesia, taman ini dilengkapi teknologi videotron raksasa berukuran 4×8 m. Penonton pun dimanjakan dengan sound sistem berkualitas yang didukung daya listrik sebesar 33000 watt.

  1. Taman Musik Centrum

Berwisata di Berbagai Ruang Publik Baru Di Taman Kota Bandung 8

Taman yang terletak di Jl Belitung ini diperuntukkan bagi kalangan penggemar musik, terutama anak band yang ingin mempertunjukkan karyanya di publik. Jika ingin mengadakan pertunjukan musik, syaratnya pun hanya koordinasi dan mengajukan perizinan pada Diskamtam.

 

Kota Bandung yang semakin padat dari hari ke hari, sekarang terlihat lebih apik dan tertib dengan adanya pemanfaatan ruang hijau terbuka ini sebagai paru-paru kota serta meredakan suasana stres hiruk pikuk kota. Berbagai fasilitas ini mendapat sambutan besar dari masyarakat Bandung dan pengunjung yang berwisata ke kota Bandung turut merasakan manfaatnya.

Artikel Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *